Ciri-ciri negara komunis

Diposting pada

Pertanyaan :


Ciri-ciri negara komunis

Jawaban :

Mata pelajaran : PKN
kelas : X SMA
kategori : Sistem pemerintahan negara
kata kunci : negara komunis
pembahasan:

Berikut ini ciri-ciri negara yang menganut sistem pemerintahan sosialis/ komunis:
1. Hukum sudah tidak diperlukan dalam Negara komunis karena segala sesuatu diatur oleh Negara.
2. Tidak mengizinkan seseorang untuk dapat menguasai berbagai hal secara individu. Segala sesuatu harus dikuasai oleh Negara bukan individu sehingga menguntungkan partai – partai elit komunisme. Individu sama sekali tidak dihargai termasuk kepemilikan akumulasi modal.
3. Menggunakan sistem demokrasi keterwakilan yang dilakukan oleh elit-elit partai komunis. Partai elit komunis membatasi demokrasi langsung pada rakyat karena paham komunisme tidak mengenal hak perorangan sebagaimana terdapat pada paham liberal.
4. Menganut satu partai yaitu partai komunis sehingga tidak ada lagi yang namanya partai oposisi dan yang lainnya serta tidak menghargai dan menghormati dengan adanya hak asasi manusia (HAM).
5. Program Negara komunis yaitu memakmurkan masyarakat tanpa kelas dan semua orang sama yang diwujudkan oleh fase dictator proletariat jika ada yang berniat melawan komunisme. Dictator proletariat artinya kaum buruh memegang kekuasaan politik.
6. Memiliki paham ateis yang artinya mereka tidak mengimani adanya tuhan. Menganggap keberadaan tuhan itu tergantung dari manusianya sendiri. Negara komunis membatasi rakyatnya dari pemikiran ideologi lain karena dianggap tidak rasional dan keluar dari hal yang nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.