Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Agenda Surat Keluar Dan Masuk Administrasi Sekolah

Buku Agenda Surat Keluar Dan Masuk Administrasi Sekolah, dalam sistem buku agenda, data penting perihal surat-surat masuk dan surat keluar dicatat dalam suatu bukum. semua surat masuk dan keluar terlebih dahulu di beri stempel agenda yang berisi data singkat mengenai penerimaan surat tersebut, kemudian, surat diberi nomor berurutan dan nomor ini biasanya juga merupakan nomor yang tercantum pada surat. oleh karena itu, rancangan surat yang akan dikeluarkan harus terlebih dahulu disesuaikan penomorannya dengan catatan dalam buku agenda. karena menggunakan nomor sebagai ciri pengenal surat, sistem buku agenda disebut juga sistem numerik agenda.

Buku Agenda Surat Keluar Dan Masuk Administrasi Sekolah

Data surat yang dicatat dalam buku agenda meliputi nomor urut, tanggal pengiriman/penerimaan, nama penghirim yang dikirimi, keterangan singkat isi surat keterangan tentang hubungan surat itu dengan surat yang terdahulu, keterangan lain (lampiran, kondisi surat, dan sebagainya).

ada tiga macam buku agneda. buku agenda tunggal dipergunakan untuk mencatat surat masuk dan surat keluar sekaligus dengan nomor berurutan. buku agenda perpasangan dipergunakan untuk mencatat surat masuk dihalaman sebelah kiri dan untuk mencatat surat keluar di halaman sebelah kanan dengan nomor urut sendiri-sendiri. buku eganda kembar dialah dua buah buku yang masing-masing dikhususkan untuk pencatatan surat masuk atau surat keluar saja

Contoh Buku Agenda tunggal
satu buku agenda hendaknya dipergunakan untuk satu tahun tertentu saja. nomor agenda berurutan mulai dari nomor 1 dan seterusnya. Pada pergantian tahun, digunakan buku agenda yang baru dan penomoran dimulai dari angka 1 lagi. Setiap akhir bulan sebaiknya diberi garis penutup, sehingga dapat diketahui jumlah surat yang dibukukan setiap bulannya.

Pencatatan dalam buku agenda dapat dilengkapi dengan kartu agenda, yakni lembaran kartu yang meuat surat-surat masuk atau keluar berkenaan dengan nama orang/lembaga tertentu atau dengan pokok persoalan tertentu.

Untuk itu bagi sekolah yang belum mempunya dan membutuhkan format Buku Agenda Surat Keluar Dan Masuk Administrasi Sekolah bisa unduh di deskripsi di bawah ini!

  1. Unduh File Buku Agenda Surat Masuk Keluar Format Word.
  2. Unduh Buku Agenda Kepala Sekolah
  3. Unduh Buku Kunjungan Komite Sekolah
  4. Unduh Buku Kunjungan Orang Tua Siswa
  5. Unduh Buku Tamu Khusus 

Demikian penjelasan dari kami terkiat materi Buku Agenda Surat Keluar Dan Masuk Administrasi Sekolah, semoga bisa bermanfaat untuk sekolah demi teriptanya admisnitrasi yang lengkap dan mumpuni terima kasih telah berkunjung di website kami.

Berlangganan via Email